Uji Vigor benih kakao

Uji Vigor benih kakao - Hallo sahabat Belajar Pertanian Organik, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Uji Vigor benih kakao , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan Umum, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Uji Vigor benih kakao
link : Uji Vigor benih kakao

Baca juga


Uji Vigor benih kakao





Ciri-ciri Benih yang cukup tua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
·      Warnanya kuning. Pada jenis kakao yang kulit buahnya merah, yang kuning adalah alurnya. Sedangkan jenis kakao yang kulit buahnya hijau berubah menjadi kekuning-kuningan atau oranye.
·      Jika buah diguncang-guncang timbul suara yang menandakan bahwa biji-biji kakao tersebut sudah lepas dari rekatan daging buah.
·      Jika buah diketuk-ketuk dengan tangan, suaranya bergema.
Perbanyakan tanaman kakao dalam skala yang besar sebaiknya didahului dengan pengujian salah satu ujiindeks pertumbuhan vigor. Pengujian ini bertujuan untuk melihat kemampuan pertumbuhan  vigor. Sebagai tolok ukur dari daya kecambah. Metode uji pertumbuhan vigor  adalah sebagai berikut :
·      Sampel benih disemai pada media pasir steril bagian mata dari benih. dipendam. Jarak semai benih 2,5 x 5 cm. untuk menghindari kesalahan meletakkan bagian mata, penyemaian benih dilakukan dengan menanam secara mendatar (bagian atas benih rata dengan permukaan pasir).
·      Seleksi dan perhitungan benih yang berkecambah dilakukan setiap hari sampai pada hari ke-12.
·      Standar daya kecambah benih kakao minimal 80%.
Dalam proses perkecambahan sesuai ketentuan SNI media tanam yang digunakan yakni pasir steril, sebab miskin akan unsur mikro dan unsur makro, tidak seperti pada media tanam tanah atau serbuk gergaji sehingga kemampuan daya kecambah terhadap sampel benih terlihat nyata. Pengamatan indeks pertumbuhan vigor dilakukan setiap hari selama 12 hari (Sunanto. 2010). Berikut ini hasil pengamatan indeks pertumbuhan vigor benih kakao hasil uji pada media pasir steril dengan jumlah 25 biji.

Hari Sesudah Tanam
Benih Berkecambah
Indeks Pertumbuhan Vigor (%)
1
-
-
2
-
-
3
-
-
4
-
-
5
1
4
6
2
8
7
15
60
8
1
4
9
-
-
10
-
-
11
-
-
12
1
4
Benih sehat
20
80
Benih abnormal
2
8
Benih Mati
3
12
total
25
100

Dari tabel di atas dapat dijelaskan bahwa vigor benih kakao mulai tumbuh pada hari ke-5, tetapi pertumbuhan maksimal pada hari ke-7 dengan indeks pertumbuhan vigor sebesar 60 %. Pertumbuhan vigor benih kakao sampai pada pengamatan terakhir pada hari ke-12 menunjukkan benih sehat 80%, abnormal 8% dan benih mati 12%. Nilai indeks pertumbuhan vigor tersebut menunjukkan kemampuan benih kakaountuk berkecambah sebesar 80% atau dapat memenuhi criteria persyaratan benih yang baik dan dapat diperbanyak secara masal.

Referensi
Sunanto. H. 2010. Seri Budi Daya Cokelat. Kanisius. Yogyakarta.
Sumber tulisan :http://ditjenbun.deptan.go.id/



Demikianlah Artikel Uji Vigor benih kakao

Sekianlah artikel Uji Vigor benih kakao kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Uji Vigor benih kakao dengan alamat link https://caramenanamorganik.blogspot.com/2012/10/uji-vigor-benih-kakao.html

0 Response to "Uji Vigor benih kakao "

Posting Komentar