Cara Mengajir dan Membuat Lubang Tanam pada Lahan Miring

Cara Mengajir dan Membuat Lubang Tanam pada Lahan Miring - Hallo sahabat Belajar Pertanian Organik, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mengajir dan Membuat Lubang Tanam pada Lahan Miring , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Petani, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mengajir dan Membuat Lubang Tanam pada Lahan Miring
link : Cara Mengajir dan Membuat Lubang Tanam pada Lahan Miring

Baca juga


Cara Mengajir dan Membuat Lubang Tanam pada Lahan Miring

Aprialdi-Rafflesia Agriculture-Melihat  mahasiswa dijurusan saya mencari-cari bagaimana mengajir dilahan miring , maka saya akan membuat cara pengajiran dilahan miring dan saya buatkan Bagaiaman cara membuat lubang tanam pada lahan miring

Cara pengajiran pada lahan miring.
Topografi lahan tidaklah sama, untuk itu pada lahan yang miring dilakukan pengajiran yang berbeda dengan lahan yang datar. Pada lahan yang datar, pengajiran tidak begitu susah dengan lahan miring. Pada lahan miring, kita harus mengikuti garis contour untuk membuat posisi ajir yang tepat dan lurus. Pada lahan yang miring, dengan sudut kemiringan berkisar 8%-15% pada umunya dilakukan teras-teras untuk mecegah erosi lahan pada lahan yangkondisi miring. Untuk memudahkan dalam proses pengajiran, sebaiknya dimulai dari lahan paling dasar atauu bagian lahan yang paling rendah, kemudian bergerak terus naik hingga ke titik tertinggi lahan. Lahan yang miring susah untuk dibuat lurus seperti pada lahan datar pada umumnya. Tapi ini bisa diupayakan dengan berbagai teknik. Yaitu membuat pancang ajir Utama sebagai titik acuan pada topografi lahan paling tinggi . Pancang ajir utama berfungsi sebagai patokan dalam pengajiran. Ajir utama ini tidak boleh bergerak atau dipindah-pindah. Ukuran panjang ajir utama ni lebih panjang dan biasanya terbuat dari tempahan besi yang lurus panjang. Ujung panjang ajir diberi cat agar mudah dilihat dari bawah/lereng paling bawah.   Diberi cat minyak warna merah. Mengapa cat minyak ? Agar cat akan memantulakn cahaya ketika ajir yang diberi cat warna terkena sinar matahari. Sehingga mudah dalam mengukur atau membuat pengukuran jarak jauh.

Bagaimana Membuat Lubang tanam pada lahan yang Miring?

Membuat lubang tanam pada lahan yang miring,bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi sudut kemiringan lahan yang curam. Ada teknk khusus yang perlu duterapkan dalam membuat lubang tanam ini. Misalnya anda akan menanam tanaman karet pada lahan yang miring, bagaimana anda membuat lubang tanamanya ?
Dari yang pernah saya aplikasikan dilapangan, carany lebih mudah apabila anda menggunakan besi lebar yang tajam yang diberi gagagng kayu. Tapi ini tidak akan efesien, karena lahan tidak semua gembur dan lahan terdapat akar-akar pohon sehingga anda akan susah menancapkan ini untuk membuat lobang tanam . Adapun cara yang paling tepat dalam membuat lubang tanam pada lahan miring adalah, menggunakan metode pencangkulan dengan membuat lobang tanam. Mencangkul tanah dari yang paling bawah disekitar ajir. Mencangkul dari bawah hingga ke atas. Mengapa demikian ? Tanah yang anda cangkul pertama tadi dari bawah akan menahan hasil cangkulan anda yang kedua dan begitulah selanjutnya hingga anda bisa membuat lubang tanam
Demikianlah tulisan “cara pengajiran lahan miring, dan “cara membuat lubang tanam miring’ ini. Ini saya tuliskan atas dasar pengaplikasian saya dilahan.
Semoga bermanfaat !


Demikianlah Artikel Cara Mengajir dan Membuat Lubang Tanam pada Lahan Miring

Sekianlah artikel Cara Mengajir dan Membuat Lubang Tanam pada Lahan Miring kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mengajir dan Membuat Lubang Tanam pada Lahan Miring dengan alamat link https://caramenanamorganik.blogspot.com/2012/11/cara-mengajir-dan-membuat-lubang-tanam.html

0 Response to "Cara Mengajir dan Membuat Lubang Tanam pada Lahan Miring "

Posting Komentar