Lahan Ladang untuk Padi Gogo

Lahan Ladang untuk Padi Gogo - Hallo sahabat Belajar Pertanian Organik, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Lahan Ladang untuk Padi Gogo, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Tanaman, Artikel Tanaman Pangan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Lahan Ladang untuk Padi Gogo
link : Lahan Ladang untuk Padi Gogo

Baca juga


Lahan Ladang untuk Padi Gogo

Potret Pertanian - Pengolahan tanah harus disesuaikan dengan kondisi lahan yang akan di olah. Lahan yang akan diolah tergantung kepada tipe penggunaannya. Lahan-lahan tersebut  dapat meliputi lahan perladangan berpindah (shifting cultivation), yaitu hutan atau semak belukar ditebang dan dibakar lalu ditanami.  Setelah 2-3 tahun kesuburan tanahnya menurun,  lahan tersebut ditinggalkan untuk menghutan kembali.

Adapun petani peladang akan berpindah kelain tempat dengan cara yang sama seperti penggarapan awal. Bila siklus perpindahan dapat berlangsung dengan waktu yang cukup lama (diatas 20 tahun) mungkin tidak apa-apa, tetapi bila siklusnya sempit atau kurang dari 5 tahun, ekosistim akan menjadi kritis bahkan menjadi gundul atau menjadi padang alang-alang.

Kedua adalah lahan perladangan berpindah modern (modern shifting cultivation/MSC ), lahan perladangan ini dilakukan pada lahan hutan tanaman industri (HTI) atau tanaman perkebunan yang secara periodik ada peremajaan. Sebelum lahan ditanami tanaman hutan industri atau perkebunan maka lahan tersebut dapat ditanami padi gogo atau palawija lainnya.

Kemudian ada lahan perladangan sistem tumpangsari (intercultur) yaitu kelanjutan dari MSC yang lahannya telah ditanami tanaman hutan industry seperti: Jati, rasamala, mahoni, Akasia, dll atau tanaman perkebunan seperti: kelapa dalam, kelapa sawit, karet, dll) yang dalam proses peremajaan. Sistem tumpangsari dapat dilakukan sampai tanaman hutan industri atau perkebunan berumur 3 sampai 4 tahun atau naungan tanaman pokok sampai menutup 50%. Ada pula lahan perladangan tetap (permanent cultivation) yang merupakan lahan ladang yang tetap ditanami padi gogo atau palawija lainnya secara tradisional.

Pengolahan tanah untuk padi gogo tergantung tipe lahan kering yang akan dikelola.  Pada areal perladangan tetap dan areal tumpangsari, pengolahan tanah dapat dilakukan dengan menggunanakan herbisida, alat sederhana sampai mesin pertanian. 

Pada lahan perladangan berpindah dan perladangan berpindah modern pengolahan tanah hanya dapat dilakukan dengan herbisida dan alat sederhana seperti cangkul.  Pengolahan tanah yang paling baik adalah digarpu saat musim kering (kemarau), sehingga tanah bagian atas dibalik dan akar-akar atau rizome gulma seperti alang-alang diangkat. 

Pengolahan tanah dengan garpu untuk membalik tanah di musim kering akan sangat menguragi pertumbuhan gulma, bahkan gulma tidak dapat tumbuh sampai 2 bulan setelah tanam.  Bila gulma tidak tumbuh sampai 2 bulan setelah tanam, pertanaman padi gogo tidak perlu disiang karena tanaman sudah menutup.
Untuk memudahkan cara pengendalian gulma sebaiknya menggunakan sistem tanam jajar legowo {(20 x 10) x 30} cm. Pada bagian lorong yang luas (30 cm penyiangan gulma dapat menggunakan cangkul dan pada bagian yang sempit (20 cm) dapaty menggunakan koret. Pada bagian yang sempit juga dapat digunakan untuk larikan pupuk dasar dan susulan petama. Selanjutnya tanaman cepat menutup dan penyiangan susulan hanya pada lorong yang lebar.


Demikianlah Artikel Lahan Ladang untuk Padi Gogo

Sekianlah artikel Lahan Ladang untuk Padi Gogo kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Lahan Ladang untuk Padi Gogo dengan alamat link https://caramenanamorganik.blogspot.com/2017/01/lahan-ladang-untuk-padi-gogo.html

0 Response to "Lahan Ladang untuk Padi Gogo"

Posting Komentar