Faritas Mangga Gadung 21

Faritas Mangga Gadung 21 - Hallo sahabat Belajar Pertanian Organik, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Faritas Mangga Gadung 21, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel perbanyakan tanaman, Artikel Tanaman Buah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Faritas Mangga Gadung 21
link : Faritas Mangga Gadung 21

Baca juga


Faritas Mangga Gadung 21

Potret Pertanian -mKabupaten Pasuruan dikenal sebagai salah satu sentra produksi mangga nasional. Salah satunya mangga arumanis. Selain arumanis, Pasuruan ternyata juga memiliki mangga lain yang tak kalah unggul yaitu Gadung 21.

Mangga ini diketahui sudah berkembang secara komersil di Kabupaten Pasuruan sejak tahun 1994 melalui program Pertanian Rakyat Terpadu. Sekarang Gadung-21 telah berkembang sebanyak 3.925 ha dengan jumlah tanaman 337.375 pohon.

Akhir-akhir ini mangga Gadung-21 bahkan lebih dikenal dengan sebutan ‘Mangga Alpukat’. Kenapa? 
Karena cara memakan mangga ini seperti memakan buah alpukat. Diputar dan disendok.

Gadung-21 sayangnya masih disamakan dengan Arumanis karena keduanya mempunyai persamaan yang mana sempat menyulitkan dalam pemasaran produksi maupun produksi benihnya.

Padahal keduanya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan, antara lain ukuran buah Gadung 21 lebih besar dengan pangkal buah lebih bulat dibandingkan Arumanis 143. Kemudian Gadung 21 mempunyai kadar pati lebih tinggi (10,27%) dibanding Arumanis 143 (6,83 %) sehingga berpengaruh pada rasa keduanya.

Sayangnya, mangga ini belum bisa menggunakan nama Gadung-21 sebelum didaftarkan sebagai varietas unggul. Namun, nama mangga ini sekarang siap untuk makin populer karena kini sudah resmi menjadi varietas unggul yang diakui dengan Keputusan Menteri Pertanian nomor 121 tanggal 8 Desember 2016. (tds/irul)
Informasi lebih lanjut : Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika


Demikianlah Artikel Faritas Mangga Gadung 21

Sekianlah artikel Faritas Mangga Gadung 21 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Faritas Mangga Gadung 21 dengan alamat link https://caramenanamorganik.blogspot.com/2017/02/faritas-mangga-gadung-21.html

0 Response to "Faritas Mangga Gadung 21"

Posting Komentar