Morfologi dan klasifikasi Hama Thrips

Morfologi dan klasifikasi Hama Thrips - Hallo sahabat Belajar Pertanian Organik, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Morfologi dan klasifikasi Hama Thrips, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel INFO TANI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Morfologi dan klasifikasi Hama Thrips
link : Morfologi dan klasifikasi Hama Thrips

Baca juga


Morfologi dan klasifikasi Hama Thrips

Morfologi  dan klasifikasi Hama Thrips
Thrips adalah hama yang ukup berbahaya bagi tanaman , hama ini bsa menjadi perantara (vector) yang baik berbagai penyakit virus. Ambang batas untuk mengendalikan wabah thrips adalah 1 thrips dalam 10 bunga, yaitu jika dari 10 bunga ditemukan 1 thrips maka perlu adanya penyemprotan insektisida karena perkembangan thrips sangat cepat.

Cara Pengedalian Hama Thrips :
Menggunaan insektisida,  menggunakan cendawan verticillium lecanii sebagai musuh alami, dan bisa juga mengggunakan  pestisida nabati /alami daun sirsak dan deterjen , atau pestisida buatan yakni insektisida kimia dicarzol 25SP(1-2g/l air) atau dengan menggunakan Regent 50SC. Cara pengendalian menggunakan daun sirsak dan detergen pada hama thrips sebagai berikut dengan menggunakan 50-100 lembar daun sirsak dan 15 gr deterjen/sabun colek- 5 l air. 
Klasifikasi Thrips :
Nama umum : Thrips tabaci Lindeman, 1889
Klasifikasi : Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : Insecta
Ordo : Thysanoptera
Famili : Thripidae

Ukuran Trips dewasa berukuran + 1 mm, 
-berwarna kuning pucat, coklat atau hitam.  Biasanya thrips lebih gelap warnanya apabila kondisi lingkungan rendah , dan Semakin rendah suhu suatu lingkungan warna trips biasanya lebih gelap
- Trips jantan tidak bersayap, sedangkan yang betina mempunyai dua pasang sayap yang halus dan berumbai.  
- Berkembang biak secara partenogenesis atau dapat menghasilkan telur tanpa melalui kawin terlebih dahulu
- Telur yang dihasilkan dapat mencapai 80 – 120 butir.  Imago dapat hidup sampai 20 hari.
- Siklus hidup hama trips sekitar 3 minggu.  Di daerah tropis siklus hidup tersebut bisa lebih pendek (7 - 12 hari), sehingga dalam satu tahun dapat mencapai 5 – 10 generasi.  Trips dewasa dapat hidup sampai 20 hari.
- Telur trips berbentuk oval.  Telur diletakkan secara terpisah-pisah di permukaan bagian tanaman atau ditusukkan ke dalam jaringantanaman oleh alat peletak telur.
- Nimfa berwarna keputih-putihan atau kekuning-kuningan, tidak bisa terbang tetapi hanya meloncat-loncat saja.  Penyebaran dari satu tanaman ke tanaman lain berlangsung sangat cepat dengan bantuan angin.


Demikianlah Artikel Morfologi dan klasifikasi Hama Thrips

Sekianlah artikel Morfologi dan klasifikasi Hama Thrips kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Morfologi dan klasifikasi Hama Thrips dengan alamat link https://caramenanamorganik.blogspot.com/2012/11/morfologi-dan-klasifikasi-hama-thrips.html

0 Response to "Morfologi dan klasifikasi Hama Thrips"

Posting Komentar