Lovely Toraja | Berkunjung ke tempat Wisata Toraja

Lovely Toraja | Berkunjung ke tempat Wisata Toraja - Hallo sahabat Belajar Pertanian Organik, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Lovely Toraja | Berkunjung ke tempat Wisata Toraja , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Petani, Artikel INFO TANI, Artikel INFO TIPS PETANI, Artikel INFO UMUM, Artikel Khasiat tanaman Rempah, Artikel Laporan kimia I, Artikel Laporan praktikum Dasar-dasar perlindungan tanaman, Artikel Pengetahuan Umum, Artikel TULISAN TANI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Lovely Toraja | Berkunjung ke tempat Wisata Toraja
link : Lovely Toraja | Berkunjung ke tempat Wisata Toraja

Baca juga


Lovely Toraja | Berkunjung ke tempat Wisata Toraja

TEMPAT WISATA TORAJA
 Lovely Toraja tempat wisata | Tidak terasa akhir tahun sudah dekat, tempat yang cocok bagi anda yang sedang mecari tempat berlibur untuk menghabiskan musim libur akhir tahun ini. Anda mencari tempat untuk rekreasi yang berbeda  serta memiliki fasilitas dan akses  memadai, juga berbagai kuliner , di Toraja pilihannya. Toraja sebagai tempat wisata sungguh memikat, daerah wisata  yang dikenal dengan sebut Toraja yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan ini. Dengan potensi daerah wisata yang memukau dengan nuansa natural tradisioanl dan potensi alam yang sangat menarik serta yang menjadi Icon untuk Toraja sebagai tempat wisata. Unsur budaya yang memikat dan melekat yang dipadukan dengan kreativitas dalam pengembangan wisata di Toraja. Daerah ini merupakan bagian dari wilayah Kota Makassar yang juga dikenal sebagai kota parawisata.  Unsur kebudayaan yang masih melekat dan berbau tradisional ini menjadi daya tarik serta ciri khas sebagai objek wisata. Untuk itu, sangat diperlukan pengembangan yang serius untuk menggali potensi-potensi dari daerah ini sebagai tempat wisata yang semakin ramai dan terkanal di seantero nasional bahkan internasional. Untuk saat ini para wisatawan daerah , luar kota dan wisatawan mancanegara (wisman) sudah ramai untuk menikmati kekayaan alam wisata di tempat ini. Hal ini bersinergi yang sangat kuat terhadap perkembangan dan kemajuan daerah ini. Mulai dari perkembangan SDA/SDM sebagai penunjang kemajuan tempat wisata dan Toraja sendiri. Untuk itu, perlu diperhatikan serta dijaga kelestarian wisata toraja karena ini juga mempengaruhi sumber pendapatan masyarakat, bahkan pendapatan negara . 

Peningkatan pendapatan daerah ini akan naik signifikan, sebab parawisata salah sau penunjang perekonomian untuk suatu daerah bahkan negara Indonesia sendiri. Banyak  daerah bahkan Negara yang  bergantung dari industri pariwisata sebagai sumber pajak dan pendapatan negara. Hal ini tidak luput dari Bangsa Indoensia sendiri yang kaya akan potensi alam dan tempat parawisata sehingga  mengandalkan pendapatan negara dari pariwista, salah satunya parawisata Toraja yang merupakan bagian dari kota Makassar. Sebab kota Makasssar juga memilki potensi wisata yang sangat terkenal di Indonesia dan juga Luar Negeri.  Dalam hal penerimaan devisa setelah komoditi minyak dan gas bumi serta minyak kelapa sawit, pariwisata masuk ke urutan yang cukup penting. 

Untuk meningkatkan pengunjung , tentunya didukung dengan berbaga sarana penunjang. Undang Undang No 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan mendefinisikan pariwisata sebagai kegiatan wisata yang didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Di Kota Makassar sendiri, fasilitas dukungan sudah ditemukan penunjang untuk memudahkan akses ke Toraja. Sehingga, mampu meningkatkan jumlah visitor wisatawan mancanegara dan  wisatawan nusantara perhari atau perbulan. Berdasarkan Data Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Toraja Utara mencatat total kunjungan wisatawan macanegara pada 2009 mencapai 20.559 orang.
Pada 2010 naik drastis menjadi 27.596 orang tetapi pada 2011 kembali turun 21.027 wisman. Sementara sampai September 2012 tercatat hanya 7.650 wisatawan. (bisnis.com).  Artinya, terjadi penurunan visitor
dari Tahun 2009 hingga Tahun 2012. Hal ini terjadi akibat berbagai faktor. Mulai dari nilai-nilai etika dan estetika serta ekonomi dalam keseimbangan parawisata. Sehingga, perlu dijaga untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan tidak hanya meraup untung saja.  

Seperti yang dikatakan mymakassar.com , "Tujuan pengembangan pariwisata Makassar adalah kesejahteraan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Makassar.  Pengembangan pariwisata tidak hanya menyasar peningkatan jumlah lapangan kerja, tapi juga memanfaatkan sektor pariwisata untuk meningkatkaan taraf hidup masyarakat yang melakukan aktivitas wisata di Kota Makassar"  Pengembangan wisata Makssar diharapkan mampu memberikan manfaat bagi penduduk dan pengunjung untuk kehidupan yang layak dan memberikan nilai jual yang baik serta tidak mengabaikan nilai etika dan estetika dalam meningkatkan kemajuan parawisata daerah tersebut. Dengan adanya objek wisata di Toraja juga diharapkan mampu menjadi jembatan bagi masyarakat dalam pegembangan atau prospek usaha Home industry atau usaha komersil lain untuk memberikan nilai lebih serta meningkatan pendapatan, kesejahteraan penduduk dan juga kepuasan pengunjung. 
Begitu juga dengan Event  Toraja Lovely December yang dilaksanakan bulan Desember ini yakni dengan susunan  kegiatan :
  • Jelajah Sepeda wisata tgl 1 s/d 2 Des.
  • Rakit Tradisional 5 Des. Bungin Pantan
  • Jalan Santai 7 Des. Makale
  • Trekking 10 Des. Burake Sangngalla
  • Lomba Mancing 15 Des. Barereng Kurra
  • Panjat Tebing 17 Des. Tana Toraja
  • Lomba Tangkap Ikan 18 Des. Makale
  • Lomba Pohon Natal Hias 20 s/d 25 Des. Sepanjang jln Poros Salubarani-Rantelemo
  • Pameran Kuliner Dan Kerajinan 20 sd 31 Des. Makale
  • Atraksi Tambahan pertunjukan Seni dan Budaya dari Kab di Sulsel 23 dan 26 Des. Makale
  • Parade Busana Toraja 26 Des. Makale
  • Saluputti Mamali 26 sd 29 Des. Saluputti Ulusalu
  • Puncak Lovely Desember dan Natal Oikumene 27 Des. Makale
  • Reuni Katolik 28 Des SMA Katolik. Makale
  • MALAM APRESEASI BUDAYA (MAB II) SSN 29 Des Lap. Basket. Makale
  • Pesta Kembang api dan tutup tahun 31 Des. Plasa Makale
Go..Makassar..Go Toraja..LOVELY TORAJA  mymakassar.com !!

Sekian, semoga bermanfaat bagi kita semua yang ingin berkunjung ke tempat wisata Toraja, untuk menikmati kekayaan budaya dan alam yang diberikan Maha Kuasa untuk Umat manusia..Mari kita jaga budaya dan tempat wisata didaerah kita masing-masing..sebab Dia bisa mencabut apa yang diberikanNya pada kita umat manusia. Ibaratnya, jika kita tidak merawat barang pinjaman / meminjam dan memakai barang yang bukan milik kita tanpa merawat, si Empunya akan marah! Ayo, dukung  tempat wisata toraja !!



find me with keywords : lovely toraja,tempat wisata, berkunjung ke tempat wisata Toraja, lovely toraja.


Demikianlah Artikel Lovely Toraja | Berkunjung ke tempat Wisata Toraja

Sekianlah artikel Lovely Toraja | Berkunjung ke tempat Wisata Toraja kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Lovely Toraja | Berkunjung ke tempat Wisata Toraja dengan alamat link https://caramenanamorganik.blogspot.com/2012/12/lovely-toraja-berkunjung-ke-tempat.html

0 Response to "Lovely Toraja | Berkunjung ke tempat Wisata Toraja "

Posting Komentar