Budidaya Jeruk Kalamansi

Budidaya Jeruk Kalamansi - Hallo sahabat Belajar Pertanian Organik, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Budidaya Jeruk Kalamansi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Buah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Budidaya Jeruk Kalamansi
link : Budidaya Jeruk Kalamansi

Baca juga


Budidaya Jeruk Kalamansi

budidaya jeruk kalamansi
Jeruk kalamansi ini sebenarnya berasal dari Amerika latin, tapi setelah diadakan uji praktik ternyata daerah Bengkulu sangat cocok dijadikan untuk penghasil jeruk ini,” Jeruk kalamansi merupakan jeruk yang memiliki banyak manfaatnya , misalnya untuk  memasak ikan, sambal dan untuk sari buah minuman segar jeruk ini sangat kaya akan mineral dan vitamin C yang cukup tinggi. Budidaya jeruk kalamansi sebenarnya tidak terlalu susah, sama seperti budidaya jeruk lainnya. Bahan tanam jeruk kalamansi dapat diperoleh dari cangkok, okulasi dan ada juga yang menerapkannya dengan cara stek. Namun, cara perbanyakan tanaman secara vegetatif (okulasi) merupakan cara yang paling banyak diterapkan dalam budidaya jeruk kalamansi.

"Jeruk kalamansi dapat tumbuh dimana pun, asal tidak terlindungi dari matahari. Tapi akan \menjadi lebih baik kalau pohon ini ditanam di tempat yang suhu udaranya lembab / dingin sehingga dapat menghasilkan buah yang mempunyai kualitas yang lebih baik" (deptan.go.id)

Cara okulasi jeruk kalamansi :
Dalam tahap awal perlu dilakukan penyemaian biji jeruk terlebih dahulu. Persemainan dilakukan ditempat yang rata dan memiliki lahan yang luas dengan jarak tanaman yang terartur. Pengaturan jarak ini akan berpengaruh terhadap keefesienan  , dalam tahap okulasi. Setelah berumur 5-6 bulan diperseaian, isa dilakukan pemindahan ke polibag. Tidak dipendahkan juga tidak masalah, karena kita telah mengatur jarak tadi. Melakukan okulasi pada tempat persemaian juga tidak masalah , tapi syaratnya adalah jarak tanam teratur dan tidak akan mengganggu proses okulasi. Pada umur 11-12 bulan bisa dilakukan okulasi dengan entres dari batang induk yang sudah berproduksi, diambil cabang umurnya relatife sama, baik dari cabang autotrop ataupun plagiotrop.



Demikianlah Artikel Budidaya Jeruk Kalamansi

Sekianlah artikel Budidaya Jeruk Kalamansi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Budidaya Jeruk Kalamansi dengan alamat link https://caramenanamorganik.blogspot.com/2013/05/budidaya-jeruk-kalamansi.html

0 Response to "Budidaya Jeruk Kalamansi"

Posting Komentar