TIPS MENGUKUS MAKANAN UNTUK LEBIH SEHAT

TIPS MENGUKUS MAKANAN UNTUK LEBIH SEHAT - Hallo sahabat Belajar Pertanian Organik, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul TIPS MENGUKUS MAKANAN UNTUK LEBIH SEHAT, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel INFO TIPS PETANI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : TIPS MENGUKUS MAKANAN UNTUK LEBIH SEHAT
link : TIPS MENGUKUS MAKANAN UNTUK LEBIH SEHAT

Baca juga


TIPS MENGUKUS MAKANAN UNTUK LEBIH SEHAT

pagemenu.blogspot.com | Setelah saya menulis tentang "MENGUKUS MAKANAN LEBIH SEHAT"maka saya terinspirasi bagaimana mengukus atau  "TIPS MENGUKUS SEDERHANA TAPI SEHAT" anda bisa mencari Tulisan ini  dengan kata kunci "TIPS MENGUKUS MAKANAN YANG BAIK" saya ambil dari beberapa sumber artikel yang saya dapatkan dengan kata-kata /tulisan saya sendii tanpa merubah maksud dan tujuan penulisan penulis.Saya kaitkan dengan konsep konten blog ini  yang  berlatar belakang "tulisan-tulisan tentang tanaman (manfaat/khasiat, cara menanm, olahan tanaman, and more"

Okelah, cukup se-ikan dulu openingnya eh sekian openingnya 
dan sekarang bek tu topik ^^

Dalam memilih makanan yang ingin anda kukus, baiknya anda harus selekif . Mengapa? Karena ada makanan yang tidak cocok dikukus .  Mengukus merupakan hal gampang , tapi apabila kita sepele dengan  bahan yang ingin kita  kukus,, bisa-bisa masakan mama | mami atau rekan-rekan, gak  layak untuk dikonsumsi.hehe :] Termasuk apabila anda ingin mengukus 2 bahan sekaligus. Nah bagaimana cara mengukus yang baik dan mengukus 2 bahan sekaligus?

1. Apabila anda ingin mengukus bahan (sayuran, daging, ikan ) ada beberapa hal yang harus kita ketahui. Yaitu : Memilih bahan makanan yang segar. 
Ciri fisik sayur yang segar
Sayuran yang segar apabila sayur masih memliki siklus untuk mempertahankan kualitasnya misalnya zat klorofilnya yang masih utuh yaitu tidak menguning,warna cerah, dan juga tidak layu.
Ciri fisik daging segar :
Daging segar apabila masih terdapat darah segar disekitar potongan daging, belum berbau asing {busuk/anyir}, dan warna daging  yang cerah .   
Ciri Fisk Ikan Segar :
Ikan yang paling segar adalah ikan yang masih hidup, dan usahakanlah membeli ikan yang masih hidup da dipotong pada tempatnya . Hal ini perlu ditanggapi dengan serius dengan adanya isu bahan penambahan  zat pada ikan agar tetap awet. Baik itu untuk ikan yang basah atau kering. Apabila anda membeli ikan yang sdah dipotong, maka lihatlah tekstur ikan, aroma, dan lalat yang menghinngap. ikan, Mengapa demikian ? Karena apabila masih ada lalat yang mau menghingap berarti masih pada posisi aman tanpa bahan pengawet . Logiak berpikirnya "lalat aja tidak mau hinggap karena berbahaya baginya dan mengandung zat kimia /pengawet yang berbahaya "apalagi bagi manusia ? Selain itu, anda juga harus memilih ikan yang memiliki insang warna segar, mata yang masih jernih, dan ikanya masih kenyal tidak kaku. 
2.Apabila adan ingin mengukus makanan yang masih dalam keadaan beku, anda terlbih dahulu mencairkannya agar proses pengukusan lebih cepat matangnya.
3.Gunakanlah kukusan yang bersih, dan sesuai dengan bahan makanan/masakan yang ingin anda kukus. Yakni apabila ingin mengukus sayur.daging /ikan maka gunakanlah kukusan yang sesuai . Dan juga dalam keadaan baik dan bersih, sebab bisa mempengaruhi aroma masakan apabla tidak dalm kondisi bersih . Dan apabila anda sebelumnya mengukus daging dan selanjutnya mengukus sayur. Maka terlebih dahulu mencuci kukusan agar minyak daging tidak menempel pada sayuran. begitulah teknisnya cara buat makanan kukus yang sehat dengan alat yang bersih.
4.Pentig bagi anda yan ingin cepat . Dengan mengukus 2 bahan atau lebih sekaligus , agar efesien waktu, dan tenaga. Maka kukuslah bahan makanan yang memiliki derajat SUHU untuk mencapai kematangan yang sama . porsi yang sama serta matangnya bersama dan bersifat tidak saling mempengaruhi
5.Mengukus bahan yang 2 jenis tapi waktu matangya tidak sama , maka anda harus meletakkan bahan yang paling lama matang paling bawah dan lebih duluan matang diatasnya. 
6.Dalam mengukus , bahan yang anda masukkan kedalam kukusan jangan terlalu rapat , dapat mempengaruhi tingkat kematangan bahan yang anda kukus. Apalagi jumlah air tidak seimbang dengan bahan yang ingin dikukus, artinya terjadi proses yang tidak seimbang , dan tidak merata.Demikianlah tulisan saya kali ini tentang TIPS MENGUKUS MAKANAN SEHAT SEDERHANA Bagaimana ? Cukup sebagai referensi anda dalam mengukus? Berikan tanggapan , pertanyaan komentar sahabat untuk tulisan ini :)


Demikianlah Artikel TIPS MENGUKUS MAKANAN UNTUK LEBIH SEHAT

Sekianlah artikel TIPS MENGUKUS MAKANAN UNTUK LEBIH SEHAT kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel TIPS MENGUKUS MAKANAN UNTUK LEBIH SEHAT dengan alamat link https://caramenanamorganik.blogspot.com/2012/11/tips-mengukus-makanan-untuk-lebih-sehat.html

0 Response to "TIPS MENGUKUS MAKANAN UNTUK LEBIH SEHAT"

Posting Komentar